EVALUASI DIRI SEKOLAH SISWA SD
2013
NAMA :
………………………
KELAS :
………………………
NISN :
………………………
Ket : Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut
sesuai dengan kondisi kamu masing-masing, dan jika pertanyaan berlambang kotak
maka jawabannya dapat lebih dari satu jawaban, namun jika pertanyaan a,b,c, dan
d maka jawabannya cukup satu jawaban :
S.3.5
Kesulitan kamu dalam mengerjakan
soal UN adalah :
ð
Materi soal UN tidak dipelajari di sekolah
ð
Soal terlalu sulit
ð
Tidak mengetahui kisi-kisi UN
ð
Kurangnya buku sumber untuk belajar
ð
Kurang memahami materi pelajaran yang diajarkan
di sekolah
ð
Kurangnya latihan penyelesaian soal setara UN
S.3.6
Kesulitan kamu dalam menguasai
pelajaran di sekolah adalah :
ð
Materi pelajaran terlalu sulit untuk dipahami
ð
Materi pelajaran terlalu banyak
ð
Dasar pengetahuan yang diperoleh sebelumnya
kurang mendukung
ð
Guru tidak menjelaskan materi yang sulit secara
rinci
ð
Penjelasan guru sukar dipahami
S.3.7
Jumlah percobaan/eksplorasi yang
kamu lakukan di sekolah selama satu semester adalah :
a.
Tidak ada
b.
Satu sampai tiga percobaan
c.
Empat sampai tujuh percobaan
d.
Lebih dari tujuh percobaan
S.3.8
Jumlah karya (selain karya tulis)
yang kamu buat atas petunjuk guru selama satu semester adalah :
a.
Tidak ada
b.
Satu sampai tiga percobaan
c.
Empat sampai tujuh percobaan
d.
Lebih dari tujuh percobaan
S.3.9
Jumlah buku yang kamu baca dan
dibuat intisari atau penyajiannya atas petunjuk guru selama satu semester
adalah :
a.
Tidak ada
b.
Satu sampai tiga percobaan
c.
Empat sampai tujuh percobaan
d.
Lebih dari tujuh percobaan
S.3.11
Kegiatan belajar yang kamu
lakukan di sekolah pada umumnya mencakup hal-hal sebagai berikut :
ð
Penguasaan informasi (pesan) yang ada pada buku
teks dan bahan ajar lainnya
ð
Pengolahan informasi yang diperoleh dari
berbagai sumber
ð
Pengolahan informasi dan penyampaiannya
menggunakan tulisan, gambar, dan grafik.
ð
Bersosialisasi dengan masyarakat dalam kegiatan
tertentu
ð
Magang atau terlibat aktif dalam kegiatan pada
sebuah kantor atau tempat kerja
ð
Mempelajari teknik dan taktik olah raga serta
mempraktekkannya
ð
Praktek di bengkel atau laboratorium
ð
Mempelajari teori dan teknik, serta
mempraktekkan kesenian tertentu
ð
Mempelajari tatacara beribadah dan menerapkannya
dalam kegiatan sehari-hari
S.3.12
Kegiatan belajar mengajar yang
telah dilakukan oleh guru di sekolah kamu adalah :
ð
Menyampaikan pelajaran tidak hanya ceramah,
namun diselingi aktivitas lain yang tidak membosankan
ð
Membimbing siswa dalam belajar, tidak hanya
memberikan tugas
ð Memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya
ð Penjelasan guru padat dan ringkas, serta mudah dipahami
ð Memperhatikan siswa ketika mengajar
ð Melibatkan siswa dalam menggunakan media dan fasilitas belajar
ð Teori diikuti dengan pelaksanaan praktek
ð Bersikap adil dalam melakukan penilaian
ð Melakukan penilaian sesuai dengan materi yang diajarkan
S.3.14
Kebiasaan baik yang ada di
sekolah dan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku siswa adalah :
ð Memberi salam ketika bertemu guru
ð Berdoa sebelum mulai belajar
ð Antrian dalam melakukan kegiatan tertentu
ð Membersihkan ruang kelas secara bergantian (sesuai jadwal)
ð Bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah
ð Berpartipasi dalam penanggulangan masalah yang terjadi di
masyarakat
ð Berpartisipasi dalam kehidupan bersosial (menjenguk teman/guru
yang sakit, melayat teman atau keluarga yang meninggal)
S.3.16
Proses belajar yang kamu
alami di sekolah terkait dengan keterampilan berkomunikasi (membaca, menyimak,
menulis, dan berbicara) adalah :
ð Membuat karya tulis dengan mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber
ð Melaporkan hasil telaah buku secara tulisan dan lisan
ð Membuat laporan kegiatan hasil projek, eksperimen atau penelitian
ð Membuat dokumen perencanaan dan pelaporan hasil kegiatan
ð Berdiskusi dan mengajukan ide dalam belajar berkelompok
ð Memaparkan hasil pemantauan, jajak pendapat, dan/atau wawancara
secara lisan dan tulisan
S.3.21
Kegiatan belajar di sekolah
yang kamu ikuti pada umumnya mencakup aktivitas guru dalam :
ð Menyampaikan tujuan belajar
ð Menjelaskan manfaat pelajaran dan kaitannya dengan pelajaran yang
lain
ð Mengecek pemahaman kamu terkait dengan pelajaran yang telah
dipelajari sebelumnya
ð Memaparkan kemajuan belajar siswa secara umum berdasarkan hasil
ulangan
ð Menarik perhatian kamu dengan memperlihatkan sesuatu, bercerita,
atau hal lainnya
ð Memberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan jawaban yang
sesuai
ð Menugaskan untuk melakukan penyelidikan (ekplorasi) tentang suatu
permasalahan
ð Mengecek pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan
ð Menugaskan untuk melakukan latihan pemantapan materi
ð Memberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil kerja
ð Melibatkan kamu dalam membuat rangkuman pelajaran
ð Memberikan tugas untuk mempelajari materi pada pertemuan
selanjutnya
ð Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar
S.3.22
Tugas yang diberikan oleh
guru dalam belajar mencakup aktivitas :
ð Mengerjakan soal-soal pada buku lembar kerja siswa
ð Menyalin informasi dari buku teks atau catatan guru di papan tulis
ð Membaca atau menelaah buku dan menyampaikan rangkumannya secara
tertulis atau lisan
ð Membuat karya tulis dengan sumber informasi dari buku, internet,
dan/atau majalah/koran
ð Melakukan pengamatan dan melaporkan hasil percobaan dalam
pembelajaran IPA
ð Melakukan pengamatan dan mengenali permasalahan sosial masyarakat
sekitar
ð Membuat karya secara mandiri atau berkelompok dan menyampaikan
informasi tentang hasil karya di kelas
ð Mengumpulkan data dari nara sumber melalui wawancara, angket, atau
teknik lainnya dan hasilnya didiskusikan di kelas
S.3.23
Nasehat dan aturan yang
sering diberikan guru dalam belajar adalah:
ð Tekun belajar untuk menguasai ilmu yang berguna bagi kehidupan
ð Berlaku jujur dalam melaporkan hasil pengamatan
ð Mengerjakan tugas secara sungguh-sunggguh dan tidak menyalin hasil
kerja teman
ð Bertanggungjawab dalam bertindak, terutama jika melakukan kesalahan
ð Menghormati orang tua, guru dan orang lain
ð Bersikap sportif dan mematuhi tatatertib sekolah
S.3.24
Hal yang kamu sukai dari
guru ketika mengajar adalah :
ð Berbicara santun, lugas, dan mudah dimengerti
ð Suara dapat didengar dengan jelas ketika mengajar
ð Menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan peserta didik
ð Memberikan balikan atas kelemahan kamu dalam belajar
ð Mendorong dan menghargai peserta didik dalam bertanya dan
mengeluarkan pendapat
ð Berpenampilan rapi dan menyenangkan
ð Mampu memberikan inspirasi
S.3.25
Fasilitas yang pernah kamu
gunakan dalam belajar adalah :
ð Lapangan dan perangkat olahraga di sekolah
ð Peralatan bengkel atau laboratorium yang tersedia di sekolah
ð Peralatan bengkel atau laboratorium yang ada di luar sekolah
ð Peralatan seni yang tersedia di sekolah
ð Fasilitas komputer dan/atau media belajar yang tersedia di sekolah
ð Buku, CD/DVD, kaset, dan bahan lainnya yang tersedia di
perpustakaan sekolah
S.3.26
Teknologi informasi dan
komunikasi yang dimanfaatkan oleh guru sebagai sumber /media belajar :
ð Internet
ð Radio
ð Televisi
ð Komputer
S.4.5
Penyampaian prosedur dan
kriteria penilaian dari guru kepada siswa :
a. Dilaksanakan pada awal semester
b. Dilaksanakan pada tengah semester
c. Dilaksanakan pada akhir semester
d. Tidak disampaikan
S.5.9
Hal yang dapat kamu jadikan
teladan dalam sikap dan perilaku guru pada umumnya adalah :
ð Selalu hadir dalam mengajar
ð Menepati janji dan sportif dalam bertindak
ð Berani dan tegas dalam mempertahankan kebenaran
ð Bertanggung jawab dalam mengasuh kegiatan siswa
ð Memperhatikan dan membantu siswa yang menghadapi permasalahan
belajar
ð Bersikap adil dalam memberikan penilaian
ð Menerima saran/kritik yang membangun dari peserta didik atau guru
lain
ð Menghargai peserta didik dan menjalin komunikasi yang baik dengan
semua orang
S.7.21
Kondisi kamar kecil
(toilet/jamban) yang dimiliki sekolah :
ð Sirkulasi udara baik
ð Ruangan bersih
ð Ketersediaan air cukup
ð Pencahayaan cukup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar