Selasa, 29 Mei 2012

Manfaat PR bagi Siswa

-->
Pekerjaan rumah (PR) merupakan kegiatan atau tugas yang diberikan oleh guru pada siswa untuk dikerjakan dirumah. PR sepertinya tidak bisa dilepas dari kehidupan anak yang masih bersekolah. Mengerjakannya adalah sebuah kewajiban bagi mereka. Mengerjakan PR bukan hanya bisa membuat siswa menjadi lebih pandai akan materi yang dikerjakannya, tetapi juga dapat membuat siswa mendapatkan berbagai manfaat dari mengerjakan PR-nya di rumah.

Beberapa manfaat PR bagi siswa:

1.Belajar Mengatur Waktu

Tentunya setelah pulang sekolah, kamu juga memiliki aktivitas lain selain mengerjakan pekerjaan rumah, apakah itu les-les ataupun waktu untuk bermain. Nah, jika bisa tetap bermain, dan PR pun selesai dikerjakan, maka artinya sudah bisa untuk mengatur dan membagi waktu untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas yang sudah menjadi kewajiban .

2.Melatih untuk Bertanggung Jawab

Siswa yang mendapatkan pekerjaan rumah dari gurunya tentunya harus bertanggung jawab agar dapat menyelesaikan PR-nya di rumah, dan tidak membawanya kembali ke sekolah tanpa dikerjakan atau dilihat sama sekali. Apalagi sampai mengandalkan teman sekelas yang biasanya mengerjakan PR. Apapun itu, cobalah bertanggung jawab pada pekerjaan yang memang menjadi kewajiban untuk dipenuhi, setidaknya coba dulu semaksimal mungkin. Jika memang mengalami kesulitan baru diskusikan dengan orang tua, teman atau guru.

3.Mereview Pelajaran

Mengerjakan PR berarti harus membuka kembali buku pelajaran, ini akan membantu anak mengingat kembali apa yang telah mereka pelejari di sekolah. Selain itu,PR juga membuat anak jadi lebih banyak membaca dan mencari tahu.

4.Mengetahui Minat Anak

PR membantu siswa membangun minat pada subjek yang membuat mereka lebih baik di kelas. Selain itu, komentar positif guru berfungsi sebagai dorongan untuk proses belajar mereka. Anak-anak juga belajar untuk mengikuti instruksi yang datang di setiap tugas. Sebagai hasilnya, mereka mencoba untuk mengeksplorasi lebih banyak tentang masalah yang membantu mereka mendapatkan yang lebih pada proses belajar.

5.Meningkatkan Keterampilan

Mengerjakan PR itu akan mengasah kemampuan siswa dalam menguasai materi yang bersangkutan. Tapi ingat, hal itu hanya akan tercapai jika kita berusaha sendiri untuk coba menyelesaikannya, dengan atau tanpa bantuan pihak lain. Dengan berusaha menyelesaikan PR, dapat mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam menguasai materi yang dipelajari. Jika sudah bisa mengukur kemampuan diri, maka kita akan lebih mengetahui kebutuhan diri dalam belajar berbagai materi yang diajarkan di sekolah, mana yang sudah dikuasai dan mana yang belum.

6.Belajar Mengatasi Masalah

PR terkadang membantu anak untuk berlatih memecahkan masalah. Jika PR yang diberikan oleh guru di sekolah mempunyai tingkat kesulitan yang lumayan tinggi, anak dituntut untuk berusaha mencari jawaban atas persoalan tersebut. Ini akan membuat anak terbiasa memecahkan atau mengatasi masalah.

Pekerjaan rumah juga harus disertai dengan keterlibatan orang tua. Beberapa orang mengatakan pekerjaan rumah berfungsi sebagai penghubung antara sekolah dan rumah. Orang tua harus mendukung anak-anak dalam tugas-tugas mereka. Orang tua harus men support dan memotivasi minat dalam pekerjaan rumah yang diberikan kepada anak-anak. Orang tua harus membantu kesulitan anak untuk mengerjakan PR dan memperhatikan perkembangan tentang kegiatan sekolah, sehingga akan meningkatkan kualitas pendidikan.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Poskan Komentar