Selasa, 02 Juli 2013

DAFTAR PERTANYAAN ANGKET EDS UNTUK KEPALA SEKOLAH



INILAH DAFTAR PERTANYAAN ANGKET EDS UNTUK KEPALA SEKOLAH

KS.1.1
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat kabupaten/kota pada satu tahun terakhir adalah ...
KS.1.2
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat propinsi pada satu tahun terakhir adalah ...
KS.1.3
Jumlahpenghargaan yang diraih sekolah pada tingkat nasional pada satu tahun terakhir adalah ...
KS.1.4
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat internasional pada satu tahun terakhir adalah ...

KS.2.3
Program layanan bimbingan yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/Ibu mencakup
Pengembangan kepribadian peserta didik
Pengembangan sosial peserta didik
Pengembangan belajar peserta didik
Berkenaan masalah karier peserta didik
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.2.4
Dokumen data yang dikembangkan di sekolah sebagai pendukung program pelayanan bimbingan dan konseling yang termuat dalam kurikulum sekolah adalah
dokumen tata tertib sekolah
data peserta didik,
dokumen asesmen autentik peserta didik
dokumen permasalahan belajar peserta didik
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.2.8
Penelaahan kurikulum yang dilakukan oleh sekolah dilengkapi dengan
Laporan tertulis berupa daftar rekomendasi perbaikan kurikulum.
Laporan tertulis berupa laporan hasil kegiatan riviu kurikulum (lengkap dengan lampiran yang relevan)
Tidak ada laporan, karena sekolah tidak melakukan riviu kurikulum

KS.3.28
Cara bapak/ibu dalam melakukan pemantauan kegiatan pembelajaran oleh guru adalah melalui
Diskusi kelompok terfokus
Pengamatan
Pencatatan
Perekaman
Wawancara
Dokumentasi
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.4.2
Dalam merancang penilaian, guru di sekolah bapak/ibu menggunakan:
pedoman penilaian
kriteria ketuntasan hasil belajar
pedoman penskoran termasuk rubrik penilaian
petunjuk tentang pengolahan nilai dan KKM
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.4.8
Sekolah menyelenggarakan rapat dewan pendidik untuk:
menentukan kriteria kenaikan kelas bagi sekolah yang menggunakan sistem paket
menentukan nilai akhir kelompok mata pelajaran estetika, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
memetakan permasalahan yang dihadapi sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.4.9
Untuk menjamin kesahihan instrumen penilaian, guru di sekolah bapak/ibu melakukan langkah-langkah berikut :
menyusun kisi-kisi instrumen
menyusun soal berdasarkan kisi-kisi soal
melakukan analisis kesesuaian instrumen penilaian dengan kompetensi yang diukur (uji validitas)
menggunakan butir soal yang sudah dianalisis untuk penilaian hasil belajar
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.4.17
Penyampaian laporan hasil evaluasi mata pelajaran serta hasil penilaian setiap peserta didik disampaikan pada kepada Kepala Sekolah pada
akhir semester dalam bentuk laporan hasil prestasi belajar peserta didik
akhir tahun dalam bentuk laporan hasil prestasi belajar peserta didik
Tidak dilaporkan

KS.4.18
Laporan yang disampaikan Kepala Sekolah/Madrasah kepada orang tua peserta didik dan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Kandepag pada setiap akhir semester adalah
Ulangan Akhir Semester (UAS)
Ulangan Kenaikan Kelas (UKK)
Ujian Akhir (US/UN)
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.4.19
Setelah melakukan penilaian hasil belajar, guru melakukan:
Analisis penilaian hasil belajar
Program pebaikan/pengayaan
Revisi RPP untuk perbaikan proses pembelajaran berdasarkan analisis penilaian hasil belajar
tidak ada jawaban yang sesuai
KS.4.21
Kegiatan yang dilakukan sekolah terkait dengan hasil ujian nasional (UN) dan ada buktinya di sekolah adalah
Pelatihan guru
Memperbaiki bahan ajar
Melakukan remedial
Memperbaiki RPP secara kolektif
Menyusun instrumen penilaian yang berkualitas
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.5.4
Aktifitas guru yang dilakukan di sekolah di luar jam mengajar antara lain
Melakukan kegiatan administrasi
Berdiskusi dengan kelompok guru mata pelajaran untuk peningkatan mutu proses pembelajaran
Melakukan refleksi kegiatan pembelajaran dan membuat perbaikan RPP
Menelaah laporan tugas dan hasil ujian peserta didik
Membaca untuk persiapan mengajar
Merancang dan membuat media atau alat peraga untuk kegiatan pembelajaran
Mengumpulkan dan mempelajari berbagai informasi untuk membuat bahan ajar
Membuat instrumen evaluasi untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.1
Hal yang dijadikan pertimbangan dalam penyusunan visi dan misi sekolah
Analisis kebutuhan internal stakeholder
Analisis kebutuhan eksternal stakeholder
Hasil analisis profil sekolah
Hasil evaluasi diri sekolah
Standar Kompetensi Lulusan
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.2
Ukuran kompetensi lulusan yang mencerminkan keterwujudan visi, keterlaksanaan misi dan ketercapaian tujuan sekolah adalah:
Persentase pencapaian kompetensi lulusan sesuai dengan standar minimal kelulusan sekolah
Kompetensi lulusan relevan dengan kebutuhan pemangku kepentingan
Persentase jumlah peserta didik yang mencapai SKL
tidak ada jawaban yang sesuai
 
KS.6.4
Penyusunan rencana kerja sekolah (baik RKS maupun RKA-S) dilakukan dengan cara
Mempertimbangkan masukan dari komite sekolah
Analisis kebutuhan berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah
Diketahui oleh dinas pendidikan kab/kota atau oleh penyelenggara sekolah bagi sekolah swasta
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.5
Upaya pengembangan karier guru yang telah dilakukan adalah
promosi guru berdasarkan asas kemanfaatan, kepatutan, dan profesionalisme
pengembangan guru yang diidentifikasi sesuai dengan aspirasi individu dan kebutuhan kurikulum
penempatan guru sesuai dengan kebutuhan baik jumlah dan kualifikasinya dengan menetapkan aspek prioritas
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.6
Aspek-aspek apa saja yang diuraikan dalam rencana kerja tahunan yang dimiliki sekolah Bapak/Ibu?
Kesiswaan
Kurikulum dan kegiatan pembelajaran
Pendidik dan tenaga kependidikan
Sarana dan prasarana
Keuangan dan pembiayaan
Budaya dan lingkungan sekolah
Peran serta masyarakat dan kemitraan
Rencana kerja untuk peningkatan mutu
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.7
Pedoman pengelolaan sekolah yang dimiliki:
Kurikulum
Kalender pendidikan
Struktur organisasi sekolah
Pembagian tugas guru
Pembagian tugas tendik
Peraturan akademik
Tata tertib sekolah
Kode etik sekolah
Biaya operasional sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai
 
KS.6.8
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
Kepala sekolah
Guru
Orang Tua Peserta didik
Pemerintah daerah
Dunia usaha dan dunia industri
Alumni
Tokoh masyarakat
Ketua Yayasan (untuk sekolah swasta)
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.9
Pihak pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengembangan dan penetapan visi, misi, dan tujuan sekolah Bapak/Ibu
Komite sekolah
Dinas pendidikan
Pakar pendidikan
Dewan guru
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.12
Kapan sekolah bapak/ibu mereviu visi/misi sekolah :
Tidak pernah
Kurang dari 4 tahun sekali
4 tahun sekali
Sesuai kebutuhan

KS.6.13
Penyusunan program peningkatan mutu sekolah berdasarkan pada:
Evaluasi diri sekolah
Kelulusan peserta didik
Akreditasi sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.14
Program pengawasan dan evaluasi yang disusun dan dilakukan di sekolah bapak/Ibu meliputi
pemantauan
supervisi
evaluasi
pelaporan
tindak lanjut
tidak ada jawaban yang sesuai


KS.6.15
Program pengawasan pelaksanaan akademik internal sekolah yang bapak/ibu lakukan meliputi evaluasi:
Kehadiran guru dan peserta didik
Ketersediaan dokumen perencanaan pembelajaran yang dikembangkan guru
Sumber belajar yang digunakan guru
Efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan guru
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.16
Upaya tindak lanjut kepala sekolah terhadap hasil temuan supervisi dilakukan melalui:
Mengontrol kesesuaian mekanisme pelaksanaan program/kegiatan
Melakukan penyamaan persepsi ketua dan pelaksana kegiatan
Melakukan pendampingan dalam pelaksanaan program/kegiatan
Mengevaluasi RKAS terkait kesesuaian indikator mutu kegiatan
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.17
Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah Bapak/Ibu
Dilakukan setiap akhir tahun pelajaran
Dilakukan setiap akhir semester
Dilakukan setiap 4 tahun sekali sesuai masa jabatan kepala sekolah
Tidak pernah dilakukan

KS.6.18
Program peningkatan mutu sekolah pada tahun ini, meliputi
Peningkatan sarana dan prasarana sekolah
Peningkatan kualitas pembelajaran
Peningkatan mutu pengelolaan/manajemen sekolah
Peningkatan pencapaian kelulusan
Peningkatan suasana kondusif
Pendidikan karakter/akhlak/budi pekerti
tidak ada jawaban yang sesuai
KS.6.19
Penetapan struktur organisasi sekolah dilakukan melalui mekanisme
Keputusan Kepala Sekolah
Mempertimbangkan pendapat Komite Sekolah
Evaluasi secara berkala
Rapat dewan pendidik
tidak ada jawaban yang sesuai
 
KS.6.20
Hal yang dijadikan pertimbangan oleh bapak/ibu dalam memberikan tugas pada PTK adalah
Keahlian staf/guru
Komitmen staf/guru
Beban kerja staf/guru
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.21
Mekanisme yang dilalui dalam setiap pelaksanaan kegiatan di sekolah bapak/ibu adalah
Menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah
Penentuan penanggungjawab dan pelaksana kegiatan
Rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan dan penentuan mekanisme kegiatan
Pelaksanaan Kegiatan
Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan kegiatan
Pengukuran hasil dan dampak serta Penyusunan Laporan Pelaksanaan kegiatan
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.22
Prinsip-prinsip yang telah diterapkan oleh sekolah dalam seleksi penerimaan peserta didik baru
Objektif, transparan dan akuntabel
Tanpa diskriminasi
Berdasar kriteria hasil Ujian Nasional
Sesuai daya tampung sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.23
Kebijakan dan program apa saja yang telah dikembangkan dan diterapkan oleh sekolah dalam upaya pembinaan karakter dan disiplin siswa, antara lain:
Tersedianya tata tertib sekolah
Implementasi program pengembangan karakter peserta didik
Implementasi kedisiplinan dan keteladanan guru dalam keseharian aktivitas sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.24
Kebijakan pimpinan sekolah dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan di sekolah adalah
Melakukan review kurikulum (peninjauan kembali kompetensi, materi akademik, strategi/metode, penilaian)
Penetapan penilaian berbasis kelas
Monitoring pelaksanaan kegiatan pembelajaran
Implementasi model pembelajaran yang inovatif
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.7.19
Kondisi kenyamanan ruang kerja pimpinan / kepala sekolah :
Sirkulasi udara baik
Kebersihan terjaga
Pencahayaan cukup
Penataan ruang baik
Ukuran ruang memadai
Prabot lengkap
Peralatan memadai
Tersedia sambungan internet
Daya listrik yang memadai
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.8.5
Bagaimana keterlibatan orang tua peserta didik (wakil) dalam penyusunan RKAS:
terlibat dalam penyusunan program dan kegiatan
terlibat dalam pengusulan besaran dana kegiatan
terlibat dalam penetapan anggaran
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.8.7
Bentuk bantuan yang diberikan bagi peserta didik miskin adalah:
pemberian beasiswa
penyesuaian kemampuan iuran sekolah
pembebasan uang iuran dan biaya lainnya
Pemberian subsidi silang
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.8.8
Sarana prasarana milik sekolah yang telah dihitung nilai asetnya pada tahun terakhir:
Gedung
Tanah/Lahan
Meubelair
Kendaraan bermotor
Peralatan multimedia
Perabot
tidak ada jawaban yang sesuai

KS.8.9
Dokumen laporan pembiayaan yg dimiliki sekolah:
catatan tahunan berupa dokumen investasi sarana dan prasarana
pembukuan biaya operasionalonal
laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan
tidak ada jawaban yang sesuai

Tidak ada komentar: