Daftar Pertanyaan
Evaluasi Diri Guru Saat Proses VerVal NUPTK
Untuk mengisi
evaluasi diri ini, Bapak/Ibu Guru diminta menjawab secara obyektif sesuai
kondisi Bapak/Ibu sendiri.
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
G.1.5
Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
ð
Mencontek saat ujian
ð
Tidak mengerjakan
tugas yang diberikan
ð
Menyalin tugas dari
pekerjaan temannya
ð
Bolos tanpa alasan
yang jelas dan dapat diterima
ð
Malas belajar
ð
Terlibat tawuran
ð
Terlibat narkoba
ð
Sering telat masuk
sekolah
ð
Tidak menghormati guru
dan orang lain
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.1.6
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah:
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah:
ð
Giat belajar dan rajin
membaca
ð
Membantu teman/orang
lain dan hormat pada guru
ð
Disiplin dan mematuhi
tatatertib sekolah
ð
Melaksanakan ajaran
agama yang dianutnya
ð
Sportif dalam
bertindak
ð
Berani mengakui
kesalahan
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.1.7
Sikap dan perilaku jujur, santun, perduli, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab yang dapat diamati dalam perilaku siswa serta dapat dibuktikan dengan dokumen penilaian sikap siswa adalah
Sikap dan perilaku jujur, santun, perduli, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab yang dapat diamati dalam perilaku siswa serta dapat dibuktikan dengan dokumen penilaian sikap siswa adalah
ð
Secara konsisten
ditunjukkan ketika berada di sekolah
ð
Sesuai dengan kondisi
yang dilaporkan oleh orang tua siswa ketika berada di rumah
ð
Ditunjukkan ketika
siswa berinteraksi dengan semua orang
ð
Menghormati orang yang
berlaku
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.1.8
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah :
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah :
ð
Mampu menghapal cukup
banyak informasi yang diajarkan
ð
Mampu menjelaskan
kembali sebuah informasi yang dipelajari dengan kalimat sendiri
ð
Mampu menerapkan suatu
konsep untuk menjelaskan sebuah fenomena alam atau sosial
ð
Mampu mengidentifikasi
variabel yang terkait dengan suatu permasalahan
ð
Mampu menerapkan
sebuah prosedur untuk menyelesaikan permasalahan
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.1.9
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
ð
Mampu membaca cepat
dan membuat rangkuman dari informasi tertulis
ð
Mampu menyampaikan ide
dan pendapat secara santun dan mudah dipahami
ð
Menyimak informasi
secara tepat dan mampu menyampaikan kembali dengan kalimat sendiri
ð
Mampu melakukan telaah
secara kritis kritis terhadap teks atau buku
ð
Membuat karya tulis
dengan deskripsi yang berkesinambungan dan mudah dipahami
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.1.10
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati, mencoba, mengolah, dan menyajikan pemikiran dan tindakan produktif serta kreatif, serta dapat dibuktikan bukti penilaiannya adalah:
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati, mencoba, mengolah, dan menyajikan pemikiran dan tindakan produktif serta kreatif, serta dapat dibuktikan bukti penilaiannya adalah:
ð
Melakukan pengamatan
dengan petunjuk yang jelas
ð
Melakukan
percobaan/ekplorasi
ð
Menganalisis hasil
percobaan/ekplorasi
ð
Menyajikan hasil
percobaan/ekplorasi
ð
Membuat dan menyajikan
hasil karya yang bagus
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.1.11
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
ð
Hasil meniru karya
orang lain
ð
Hasil modifikasi karya
orang lain
ð
Hasil kreasi sendiri
sesuai dengan fasilitas yang tersedia
G.2.2
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
ð
Ceramah
ð
Diskusi dan tanya
jawab
ð
Demonstrasi
ð
Penemuan terbimbing
ð
Pemecahan masalah
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.2.5
Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
ð
Standar isi
ð
Standar kompetensi
lulusan (skl)
ð
Standar proses
ð
Standar penilaian
ð
Panduan penyusunan
ktsp yang disusun bsnp
ð
Standar isi dan
standar kompetensi lulusan dari sekolah di negara maju
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.2.6
Proses pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Proses pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
ð
Mengadopsi dan
mengadaptasi model yang dikembangkan oleh BSNP
ð
Mengembangkan KTSP
melalui KKG/KKS/MGMP
ð
Mengembangkan KTSP
sendiri dengan mengacu panduan yang disusun BSNP
ð
Mengembangkan KTSP
sendiri dengan mengacu kurikulum sekolah di negara maju
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.2.7
KTSP yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
KTSP yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
ð
Berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
ð
Beragam dan terpadu
ð
Tanggap terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
ð
Relevan dengan
kebutuhan kehidupan.
ð
Menyeluruh dan berkesinambungan
ð
Belajar sepanjang
hayat
ð
Seimbang antara
kepentingan nasional dan kepentingan daerah
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.2.9
Jenis penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
Jenis penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
ð
Tes tertulis
ð
Tes lisan
ð
Pengamatan kinerja
ð
Pengukuran sikap
ð
Penilaian hasil karya
berupa tugas
ð
Penilaian proyek
ð
Penilaian produk
ð
Portofolio
ð
Penilaian diri
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.2.10
Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
ð
Sahih (teruji
kebenarannya)
ð
Signifikan (bermanfaat
dalam pencapaian kompetensi)
ð
Bermanfaat secara
akademis dan non akademis
ð
Kelayakan
(mempertimbangkan taraf berpikir peserta didik)
ð
Relevan, konsisten,
dan edukatif
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.2.11
Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
ð
Dominan pada aspek
sikap dan perilaku
ð
Dominan pada aspek
pengetahuan
ð
Dominan pada aspek
keterampilan
ð
Proporsi sikap,
pengetahuan, dan ketrerampilan dibuat merata
G.2.12
Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
ð
Mengembangkan
ketrampilan berpikir kritis
ð
Mengembangkan
ketrampilan pemecahan masalah
ð
Mengembangkan budaya
membaca dan menulis untuk menumbuhkan budaya gemar membaca
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.2.13
Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
ð
Sesuai perkembangan
usia peserta didik
ð
Mengembangkan karakter
mulia.
ð
Memperhatikan gender
ð
Memperhatikan
karakeristik lingkungan sekitar peserta didik
ð
Memperhatikan
kehidupan sosial peserta didik
ð
Mengembangkan sikap
nasionalisme dalam kehidupan bernegara.
ð
Memfasilitasi
penggunaan teknologi
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.3.1
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
ð
Menganalisis
kompetensi yang akan diperoleh siswa
ð
Menetapkan materi ajar
ð
Memilih model/metode
belajar yang relevan
ð
Menentukan dan
mengevaluasi buku sumber yang digunakan
ð
Menyusun bahan ajar
sesuai karakteristik peserta didik
ð
Menyusun penilaian
yang relevan
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.3.2
Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
ð
Memperhatikan
perbedaan individu
ð
Mendorong partisipasi
aktif peserta didik
ð
Mengembangkan budaya
membaca dan menulis
ð
Umpan balik dan tindak
lanjut
ð
Keterkaitan dan
keterpaduan antara SKL-standar isi-materi-kegiatan belajar-penilaian
ð
Penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi
ð
Metode pembelajaran
aktif, kreatif, efektif, dan menarik
ð
Pemilihan media yang
sesuai
ð
Penggunaan sumber
belajar yang relevan
ð
Penggunaan penilaian
autentik
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.3.3
Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
ð
Kompetensi yang akan
dicapai
ð
Cakupan materi ajar
ð
Rancangan tugas selama
satu semester
ð
Tugas mandiri dan tugas
kelompok yang harus dikerjakan
ð
Penilaian yang akan
dilakukan
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.3.4
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
ð
Melakukan remedial
untuk peserta didik yang belum tuntas belajar
ð
Melakukan refleksi
proses pembelajaran dan memperbaiki pembelajaran
ð
Menganalisis daya
serap peserta didik dan memperbaiki pembelajaran
ð
Mengecek gaya belajar
peserta didik dan menyesuaikan pembelajaran
ð
Berkomunikasi dengan
teman sejawat atau KKG/MGMP untuk mempersiapkan PBM yang lebih baik
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.3.10
Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
ð
Buku teks dan lembar
kerja dari penerbit tertentu
ð
Buku teks yang
dikembangkan sendiri atau oleh kelompok guru
ð
Buku panduan
ð
Ensiklopedia atau
kamus
ð
Majalah dan/atau Koran
ð
Internet
ð
Diktat yang
dikembangkan sendiri
ð
Modul belajar
ð
Nara sumber yang
menguasai bidangnya
ð
Perpustakaan atau
museum
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.3.17
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
ð
Melaksanakan program
sekolah dan tatatertib untuk pembentukan karakter jujur, disiplin, dan
bertanggungjawab
ð
Melaksanakan
pembelajaran yang memiliki dampak langsung terhadap pembentukan karakter jujur,
disiplin, tanggungjawab, dan menghargai orang lain
ð
Melaksanakan
pembelajaran yang menyadarkan akan pentingnya memiliki karakter jujur,
disiplin, dan bertanggungjawab
ð
Melaksanakan kegiatan
ekstra kurikuler yang memiliki dampak terhadap pembentukan karakter jujur,
disiplin, bertanggungjawab, dan menghargai orang lain
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.3.19
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
ð
Memperbanyak aktifitas
siswa dalam membaca, menulis dan berbicara dalam belajar
ð
Memberi tugas belajar
berupa telaah buku dan membuat karya tulis
ð
Melakukan aktifitas
belajar berkelompok
ð
Memberi tugas
mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
ð
Memberi tugas
berkomunikasi dengan anggota masyarakat untuk kepentingan belajar
ð
Mempresentasikan hasil
kerja mandiri atau kelompok di depan kelas
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.3.21
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
ð
Tidak cukup waktu
ð
Kurang menguasai
metode mengajar yang efektif dan efisien
ð
Tidak didukung Kepala
Sekolah
ð
Kurangnya sarana dan
prasarana yang mendukung di sekolah
ð
Kemampuan peserta
didik tidak memadai
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.3.22
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
ð
Ceramah dan diskusi
ð
Belajar berkelompok
ð
Pembelajaran berbasis
proyek
ð
Pembelajaran berbasis
masalah
ð
Pembelajaran inkuiri
dan penemuan (discovery)
ð
Strategi/metode
inovatif lainnya
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.3.23
Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
ð
Tidak cukup waktu
ð
Kurang menguasai
metode mengajar yang efektif dan efisien
ð
Tidak didukung Kepala
Sekolah
ð
Kurangnya sarana dan
prasarana di sekolah
ð
Kemampuan peserta
didik tidak memadai
ð
tidak ada jawaban yang
sesuai
G.3.24
Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
ð
Memotivasi peserta
didik untuk giat belajar pada kegiatan awal pembelajaran
ð
Meningkatkan
keingintahuan melalui pengamatan fenomena alam dan sosial
ð
Melibatkan peserta
didik dalam pembelajaran aktif untuk mengekplorasi fenomena alam dan sosial
ð
Melakukan pembelajaran
secara inkuiri
ð
Menumbuhkan kebiasaan
membaca dan menyampaikan informasi yang diperoleh
ð
mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber untuk menganalisis sebuah permasalahan
ð
tidak ada jawaban yang
sesuai
G.3.31
Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
ð
Lebih dari 2
kali/tahun
ð
2 kali/tahun
ð
1 kali/tahun
ð
tidak pernah
G.3.33
Kepala sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
ð
Perencanaan
ð
Pelaksanaan
pembelajaran
ð
Penilaian hasil
belajar
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.4.1
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
ð
Obyektif, yakni
berbasis pada standar dan tidak subyektif
ð
Terpadu, yakni
terencana, menyatu dengan kegiatan pembelajaran, dan berkesinambungan
ð
Ekonomis, yakni
efisien dan efektif dalam perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
ð
Transparan, yakni
prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat
diakses oleh semua pihak
ð
Akuntabel, yakni dapat
dipertanggungjawabkan kepada pihak internal sekolah maupun eksternal untuk
aspek teknik, prosedur, maupun hasilnya
ð
Edukatif, mendidik dan
memotivasi peserta didik dan guru
ð
tidak ada jawaban yang
sesuai
G.4.3
Langkah-langkah yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian adalah sebagai berikut:
Langkah-langkah yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian adalah sebagai berikut:
ð
menetapkan indicator,
menyusun kisi-kisi, menyusun instrumen, mengkaji SK/KD, memilih jenis instrumen
ð
mengkaji SK/KD,
memilih jenis instrument, menyusun kisi-kisi, menyusun instrumen
ð
mengkaji SK/KD, menyusun
kisi-kisi, memilih jenis instrument, menyusun instrumen
ð
mengkaji SK/KD,
memilih jenis instrument, menyusun instrumen, menyusun kisi-kisi
ð
melakukan pembahasan
instrumen bersama teman sejawat, menyusun instrumen
ð
tidak ada jawaban yang
sesuai
G.4.6
Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
ð
Dokumen cetak
ð
Dokumen yang mudah
diakses di internet
ð
tidak ada jawaban yang
sesuai
G.4.7
Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
ð
Pedoman penilaian
ð
Kriteria ketuntasan
hasil belajar
ð
Pedoman penskoran
termasuk rubrik penilaian
ð
Petunjuk tentang
pengolahan nilai dan KKM
ð
tidak ada jawaban yang
sesuai
G.4.10
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
ð
Tes tertulis
ð
Tes lisan
ð
Instrumen penugasan
ð
tidak ada jawaban yang
sesuai
G.4.11
Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan bertanggungjawab)
Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan bertanggungjawab)
ð
Menganalisis kesamaan/pola
jawaban dalam jawaban ujian
ð
Melakukan pengamatan
sikap dan perilaku terutama untuk kelompok pelajaran agama dan akhlak mulia
ð
Menganalisis laporan
hasil pengamatan beberapa guru terkait sikap dan perilaku peserta didik
ð
Menilai sikap perilaku
peserta didik ketika berada di sekolah
ð
tidak ada jawaban yang
sesuai
G.4.12
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
ð
Lembar Observasi
ð
Penilaian diri
ð
Penilaian antar teman
ð
Jurnal
ð
tidak ada jawaban yang
sesuai
G.4.13
Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
ð
Menganalisis tes
uraian menggunakan rubrik
ð
Menilai laporan telaah
buku dan/atau karya tulis yang dibuat oleh peserta didik
ð
Menilai penyampaian
peserta didik dalam menyajikan karya di depan kelas
ð
Menilai sikap dan
kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi
ð
tidak ada jawaban yang
sesuai
G.4.14
Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui :
Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui :
ð
Penilaian karya yang
dihasilkan menggunakan rubrik
ð
Melaksanakan pameran
hasil karya peserta didik (showcase portfolio)
ð
Penilaian proses
selama pembelajaran, terkait dengan kemampuan mengidentifikasi permasalahan dan
menganalisis masalah, dan mengajukan solusi
ð
Penilaian kemampuan
peserta didik dalam merancang, menghasilkan, dan mengkomunikasikan proses
penyelesaian masalah/pembuatan produk
ð
tidak ada jawaban yang
sesuai
G.4.15
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
ð
Fortofolio
ð
Tes praktek
ð
Proyek
ð
tidak ada jawaban yang
sesuai
G.4.16
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
ð
kurang memahami cara
membuat instrumen, menggunakan, dan mengolah hasilnya
ð
belum melakukan
penilaian sikap dan perilaku karena tidak tercantum dalam RPP
ð
tidak cukup waktu
untuk melaksanakan penilaian sikap dan perilaku
ð
penilaian sikap dan
perilaku tidak dituntut oleh sekolah
ð
tidak ada jawaban yang
sesuai
G.4.20
Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
ð
Kemajuan belajar
siswa,
ð
Kesulitan belajar
siswa,
ð
Cara melakukan
perbaikan proses pembelajaran
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.5.10
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
ð
Dilakukan dengan
bantuan sekolah dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
ð
Dilakukan secara
mandiri atas inisiatif sendiri, namun belum memahami penilaian secara utuh
ð
Diperoleh melalui
diskusi bersama rekan guru dalam kegiatan mgmp/kkg
ð
Diperoleh dengan
bantuan kemdikbud/pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
ð
Diperoleh dengan
bantuan kemdikbud/pemda, dan sudah menerapkan penilaian autentik
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.5.11
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
ð
Dilakukan dengan
bantuan sekolah dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
ð
Dilakukan secara
mandiri atas inisiatif sendiri, namun belum paham
ð
Diperoleh melalui
diskusi bersama rekan guru dalam kegiatan mgmp/kkg
ð
Diperoleh dengan
bantuan kemdikbud/pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
ð
Diperoleh dengan
bantuan kemdikbud/pemda, dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.6.3
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
ð
Rapat
ð
Spanduk, leaflet,
brosur
ð
Papan pajangan/banner
ð
Dokumen RKS
ð
Surat edaran kepala
sekolah
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.6.8
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
ð
Kepala sekolah
ð
Guru
ð
Orang Tua Peserta
didik
ð
Pemerintah daerah
ð
Dunia usaha dan dunia
industri
ð
Alumni
ð
Tokoh masyarakat
ð
Ketua Yayasan (untuk
sekolah swasta)
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.6.10
Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
ð
Penyusunan RKAS
sekolah
ð
Membangun kerjasama kemitraan
dengan lembaga lain
ð
Pemecahan masalah
belajar peserta didik
ð
Pengembangan kurikulum
dan silabus
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.6.11
Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
ð
Melibatkan orang tua peserta
didik dalam upaya meningkatkan mutu sekolah
ð
Melibatkan guru dan
komite sekolah dalam menetapkan sebuah kebijakan
ð
Menerapkan azas
demokrasi, keterbukaan, dan bertanggungjawab dalam pengambilan keputusan
ð
Menerapkan sistem
manajemen yang dilaksanakan secara berkelanjutan dan mampu membuat sekolah
menjadi mandiri
ð
Menerapkan standar
pelayanan prima
ð
Menerapkan manajemen
mutu terpadu
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.6.25
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
ð
Ikhlas dalam
melaksanakan kegiatan sekolah
ð
Bertukar pendapat
dalam pemecahan masalah belajar peserta didik
ð
Disiplin dalam
menjalankan tugas
ð
Sikap ilmiah yang
dimiliki warga sekolah
ð
Suasana kondusif di
sekolah
ð
Tolong-menolong
melalui kegiatan sosial sekolah
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.6.26
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
ð
Kejujuran
ð
Memperhatikan bawahan,
dan terbuka
ð
Kerja keras dan
disiplin
ð
Komunikatif dan
perhatian
ð
Bekerjasama dengan
pihak lain untuk kepentingan pengembangan sekolah
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.6.27
Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
ð
Kepedulian pimpinan
terhadap program kerja sekolah
ð
Tanggungjawab kepala
sekolah
ð
Keikhlasan dalam
melaksanakan tugas
ð
Kemampuan
mengorganisir staf/guru
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.6.28
Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
ð
Dapat diakses via
internet
ð
Dapat diakses melalui
komputer di ruangan khusus
ð
Disediakan dalam
bentuk laporan cetak
ð
Hanya dapat diakses
oleh pihak tertentu
ð
Tidak tersedia
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.7.15
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
ð
Digunakan secara rutin
ð
Tidak dapat digunakan
karena peralatan tidak lengkap
ð
Tidak dapat digunakan
karena peralatan utama rusak
ð
Tidak digunakan karena
tidak ada bahan yang dibutuhkan
ð
Tidak digunakan karena
tidak terkait dengan tujuan pembelajaran
ð
Tidak digunakan karena
belum memahami cara menggunakannya
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.7.16
Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
ð
Sering digunakan
ð
Penyimpanan yang tidak
tepat
ð
Tidak dirawat secara
rutin karena tidak ada dana
ð
Tidak digunakan karena
tidak sesuai dengan kebutuhan
ð
Memang sudah rusak
sejak diterima
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.7.17
Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
ð
Sirkulasi udara baik
ð
Kebersihan terjaga
ð
Pencahayaan cukup
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.7.18
Kondisi laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
ð
Ukuran ruang standar
ð
Penataan ruang baik
ð
Kelengkapan perabot
mencukupi
ð
Tersedia sambungan
internet
ð
Daya listrik memadai
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
G.7.20
Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
ð
Ukuran ruang memadai
ð
Penataan ruang baik
ð
Kelengkapan perabot
mencukupi
ð
Peralatan Memadai
ð
Sambungan internet
ð
Daya listrik yang
memadai
ð
Tidak ada jawaban yang
sesuai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar